Cara Merawat Wajah Agar Putih Secara Alami dan Bebas Jerawat


Wajah merupakan bagian terpenting bagi seseorang baik wanita maupun pria. Dan tentunya mereka mendambakan wajah yang putih, bersih dan tidak kusam.
Oleh karena itu diperlukan perawatan yang intens terhadapnya, dan tentunya dengan cara yang alami.
Orang melakukan berbagai cara untuk memiliki wajah yang sempurna,
mulai dari melakukan perawatan ke salon, klinik, bahkan ke dokter kecantikan.
dan sebagian orang memilih cara pintas agar memiliki wajah yang putih dengan menggunakan produk-produk kosmetik, tapi tanpa mereka sadari sebenarnya kosmetik-kosmetik itu mengandung bahan kimia yang dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan efek samping bagi pemakainya.

Seharusnya lakukanlah perawatan yang menggunakan bahan-bahan alami sehingga kulit wajah akan terbebas dari efek samping yang dapat merusak kulit.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara merawat wajah secara alami, putih dan bebas jerawat. Mau tau selengkapnya ? Silahkan lihat dalam artikel berikut ini :

– Sebelum menyentuh daerah wajah, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih agar terbebas dari kuman dan bakteri.

– Sebaiknya biasakanlah untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit sahabat, setiap pagi dan malam, atau setiap kali keluar dari rumah.

– Rajinlah mencuci muka setiap kulit wajah terasa kering atau saat pulang dari bepergian.

– Selalu pakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, agat kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.

– Sebaiknya luangkanlah waktu sekitar 2-3 menit setiap malam, untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan agar mengilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah.

– Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar.

– Perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas perhari agar kulit wajah tetap terlihat cerah dan segar.

– Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

– Olahraga secara teratur, agar kulit tetap kencang dan tubuh pun akan terbebas dari berbagai penyakit.

Setelah mengetahui cara merawat wajah diatas, sebaiknya sahabat juga bisa mencoba cara merawat wajah secara alami berikut ini :

* Jeruk Nipis
Jeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Caranya juga sangat mudah hanya dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 – 20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.

* Apel
Buah apel mempunyai manfaat untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah, sehingga dapat digunakan dalam merawat muka. Caranya adalah hancurkan buah apel dengan menggunakan blender, sebaiknya jangan menambahkan air sedikitpun pada saat apel di blender. Setelah itu oleskan pada wajah selama 30 menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

* Tomat
Tomat kaya akan zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan warna kulit wajah. Caranya haluskan 1 buah tomat, lalu campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuhlah wajah dengan air hangat.

* Pisang
Buah pisang dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil 1 buah pisang ambon, kupas kulitnya dan hancurkan buahnya. Setelah itu tambahkan 1 sendok madu kedalam pisang yang telah dihancurkan tadi, dan oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit.Β  Lalu bersihkan dengan kapas dan air hangat.

* Mentimun
Mentimun mempunyai manfaat untuk mengangkat noda-noda hitam pada wajah dan dapat membuat wajah terlihat bercahaya. Caranya ambil 1/2 mentimun, kupas hingga bersih. Lalu tambahkan 1 sendok susu tanpa lemak, 1 sendok yoghurt. Blender semua campuran tadi hingga halus, setelah itu oleskan pada wajah selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat.

Gimana dengan cara merawat wajah diatas ? Sangat mudah bukan, sekarang tunggu apalagi silahkan dicoba dirumah dan dapatkan kulit wajah yang sehat, bersih dan bebas dari jerawat. Sekian artikel kali ini dan terima kasih atas perhatiannya.^^ (Mutia)

143 thoughts on “Cara Merawat Wajah Agar Putih Secara Alami dan Bebas Jerawat

    1. Kalo yang udh pake kosmetik gtu bisa ngga, apa hrus berjangka waktu dulu buat berhenti pmakaian kosmetik itu nya, lalu pake tips yg dari kaka? Atau gmna mohon sarannya?

      1. yang namanya kosmetik emang ga bisa lepas dr perempuan sobat,tapi inget ya, kosmetik kan dr bahan kimia, jdi pasti ada efek tertentu baik dalam jangka waktu yang dekat maupun lebih lama… apalagi untuk mendapatkan hasil yang instan dr kosmetik, efek samping nya pasti jg lebih tinggi.. Tapi kalo sobat udah cocok sama kosmetiknya gpp kok, sesekali menggunakan bahan alami lebih baik πŸ™‚

  1. apa gk terlalu itu?
    ntar klau di gigit semut gmna,kn malam itu jg lama
    bngun tdur trus mlah bentol smua

    1. wah jangan sampe di bawa tidur ya maskernya, sesuai waktu yang ditentukan πŸ™‚ sekitar 10-20 menit.. semoga berhasil ya sahabat πŸ™‚

    1. penggunaannya harus rutin ya sobat, namanya juga bahan alami… gak bisa instan πŸ˜€ dicoba yang rutin yaa, good luck πŸ˜€

  2. kalo dari awal sudah pakai jeruk nipis apa harus tetep pake ituh hingga dapet hasil atau boleh ganti pake tomat misalnya

    1. kalo emang gak cocok boleh diganti kok, kan gak ada efek samping karena itu bahan alami.. tapi disarankan memilih 1 dan menggunakannya secara rutin untuk hasil yang maksimal.. good luck sobat, moga makin cantik πŸ™‚

  3. kalau yg pakai jeruk nipis mah jangan<soalnya setelah pakai itu kulit jadi perih agak ke merah merahan?

    1. Terimakasih sobat.. Memang ada jenis kulit sensitif yang tidak bisa menggunakan jeruk nipis, jika iya.. sobat bisa menggunakan alternatif lainnya sperti yg ada di artikel ini.. Tetapi jeruk nipis bukan berarti tidak bagus ya, justru jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kecantikan, seperti menghaluskan dan memutihkan wajah, membersihkan jerawat, mengatasi masalah rambut yang berminyak dan berketombe, dll..

    1. gak harus setiap hari ya sobat, yang penting secara teratur minimal 1kali dalam seminggu πŸ™‚

      Catatan penting: jika keadaan wajah sobat ada lukanya, sebaiknya perawatan menggunakan jeruk nipis ini ditunda sesaat dulu, karena kulit wajah malah bisa perih. Serta Pastikan pula sobatmengerjakan perawatan seperti diatas dengan teratur supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  4. kulit saya kering,,tdk pernah jerawat.tapi pingin putih,saya sudah coba pakai jeruk nipis tiap malam,sudah jalan 4 minggu, tapi kadang kadang gak saya bilas dengan air,karena ketiduran,,kira kira dampaknya apa yaa,,,, terimaksih infonya,salam

  5. MOHON saran tips agar kulit saya tidak kering…catatan ( tiap hari ruangan saya ber AC ) tks. salam

  6. Muka aku sih udah putih , tapi masih ngerasa kurang deh-___- #malah nanti kayak mayat idup deh (#-_-)

  7. Kalo Pake nya ganti2 an boleh gak ? misal. hari ini pake jeruk nipis lalu besok nya pake apel ??? mohon sarannya πŸ™‚

  8. aku pengen coba’ saran dari kakak,
    tpi kak, andai putih telur aku campur sama jeruk nipis. ada efek’nya gak kak?

  9. Saya pengen nyoba pake masker, tapi takut, kira2 masker yang bagus itu masker apa ya? πŸ™‚

    1. masker dr buah”an bagus loh sobat, masker bengkoang atau wortel, dr ampas ny bisa, air ny diperas buat diminum ato dipake kmuka lebih bagus, nah kalo makan apel drpd kulitnya dibuang mendingan djadiin masker dimuka πŸ˜€ hmmm… tomat jg bisa kok, setiap pagi oleskan tomat pada wajah agar putih merona πŸ˜€ msh banyak lagi pokoknya buah2 yg mudah,murah, dan patinya berkhasiat ut wajah πŸ™‚

  10. Biasanya kalo baru pertama kali pake jeruk nipis memang agak perih gitu, tapi wajah ga kemerahan. tapi kalo udah sering pake lama-lama ga perih, malah di wajah kaya ga terasa apa-apa. apa kulit wajah saya termasuk sensitif? (saya bingung bedain kulit sensitif sama yg bukan, soalnya saya baca komen di atas kalo terasa perih berarti termasuk kulit sensitif). mohon dijawab ya^^

    1. dimakan juga bagus kok, lgian untuk ini kalian bisa gunakan kulit dr buah2an tsb yang khasiatnya ttp sm πŸ™‚

  11. Kalo muka kering, agar tampak putih dan cerah, terus sering gatal. . . .
    Cocok’a pakai apa ya min, m0hon saran’a

  12. banyak sekali diluar sana yang menawarkan produk kecantikan kulit, dari yang bisa membuat kulit putih bebas jerawat, kencang, kembali muda dll dengan harga yang mungkin belum terjangkau bagi sebagian wanita/remaja yg mempunyai penghasilan pas-pasan. Akan tetapi dengan adanya informasi ini tentu bisa memberikan alternatif bagi kaum hawa yg menginginkan kulit putih, halus dan sehat alami dengan bahan yg mudah didapat dan murah. terimakasih sharing infonya semoga sukses selalu.

  13. Wajah ku dlu’y brjerawat, truz skrng jd bnyak flek hitam nya bkas jrawat, kalau misalkn pke yk mentimun tp g pke madu hsilnya tetap sama g?
    Reply me y kak. . .

  14. maksih artikelnya.. dah sy buktikan kl baahn alami memang trbukti ampuh dan bgus hasilnya mski dlam jangka lama tp sy puas dgn hasilnya. Thnks..

  15. orang zman skrang maunya yg instant dan cepet. klau mau cepet putih dan gak makan wktu lma kamu masak air smpe mndidih trz kamu siram de ke wjah kamu pke air itu. :p

  16. mb klo ngilangin komedo gmn y crany?
    soalnya kliatan item2 gtu kecil2
    Dah cba pke jeruk ma tomat tp blm bsa hlg
    Kdg aq cba pke kapas ma pembersih tp komedonya jg gag mau nempel
    Smpe hidungq lecet2 terlalu keras mencetny biar komedony kluar
    Aq pke masker jg sama aja
    Pdhal aq jrg nyentuh hdung pke tangan
    Biasany ngelap minyak di hidung ma kain bersih ato tissu
    Tlg y mb solusinya

    1. sebenarnya pemakaian pemutih seperti rose itu perlu dipikirkan ulang, karena pemutih ini terkadang mengandung mercury yang sangat berbahaya bagi kulit. cobalah untuk memakai pemutih alami seperti lidah buaya misalnya. Kupas lidah buaya dan oleskan bagian dalam (lendir) dari lidah buaya langsung ke muka selama 3 menit dan bilas dengan air. Selamat mencoba πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *